fundamental techniques in handling people
- don't criticize, condemn, or complain. klo menurut saya sih mengkritik boleh saja, hanya saja tolong dilakukan dengan benar dan sesuai dengan tempatnya.
- give honest and sincere appreciation. apapun hasilnya itu wajib kita berikan apresiasi walaupun hanya dengan senyuman.
- arouse in the other person an eager want. nah ini adalah bagian yang susah, susah kalo orang yang kita ajak ngga punya kemauman. sedikit celah mungkin bisa untuk membantu kita menumbuhkan keingian si orang tersebut
ways to make people like you
- become geuinely interested in other people. menjadi seorang pendengar yang baik akan membantu dalam hal ini, dengarkanlah keluhan mereka dan menjadi tertariklah dengan apa yang dia bicarakan
- smile. lakukan ini dimanapun dan dengan siapapun anda bertemu, dan lihatlah hasilnya sendiri.
- remember that a person's name is to that person the sweetest and most important sound in any language. mengingat nama asli orang tersebut dan kemudian memanggil nama secara lengkap akan membuat dia menjadi tersanjung ( kadang kadang malah jadi kesel wkwkw )
- be a good listener. encourage others to talk about themselves. jadi pendengar yang baik biarkan orang lain bicara tentang dirinya, dengarkan saja tetapi jangan diambil kesimpulan.
- talk in terms of the other person's interests. hhmmmm ini kadang membutuhkan kesabaran, dan harus pasang muka tembok klo dengerin apa yang mereka bicarakan.
- make the other person feel important and do it sincerely. nah klo yang ini harus dilakukan, klo ngga dilakukan maka orang akan merasa diperlakukan seperti "siapa sih gue??" klo terhadap pasangan lakukan klo mereka itu seolah2 seorang "Putri", tp ada kalanya jangan terus menerus memperlakukan mereka seperti itu.
win people to your way of thinking
- the only way to get best of an argument is to avoid it. menghidar??? kalo yang ini saya kurang sependapat dengan Dale Carnigie, ya memang sih harus bisa dihindari.
- show respect for the other person's opinions. never say, "you're wrong". Tidak boleh mengatakan "kamu salah", usahakan itu semampunya, kalo saya sendiri sih kadang sering bilang kamu salah.
- if you are wrong, admit it quickly and emphatically. akuilah kalo memang kita salah, tapi mengakuinya bukan harus dengan (apayah), oh ya dengan legowo
- begin in a friendly way. ikutilah cara mereka dahulu, klo ngga sependapat ungkapin
- get the other person saying "yes, yes" immediately. wah ini bukan yes no yes no kaya yang difilm bokep lho yah..... carilah cara untuk orang lain melakukan apa yang mereka mau tapi masih dalam kendali atau perintah kita.
- let the other person do a great deal of the talking. biarkan orang lain yang melakukan pusat dari pembicaraan
- let the other persen feel that the idea is his or hers. kadang ngga sreg juga sih klo ide kita diakui orang lain.
- try honestly to see thing from the other person's point of view. mencoba untuk melihat dari sisi orang lain berfikir kadang riskan, karena pertimbangan menjadi banyak dan susah dalam membuat keputusan.
- be sympathetic with the other person's ideas and desires. harus dihargai semua keinginan orang, tetapi jangan sampai kita mengabaikan keinginan kita.
- appeal to the nobler motives. usahakan kita menyanjung tujuan tujuan mulia
- dramatize your idea. nah ini yang belum bisa atau susah untuk dilakukan, saya lebih senang untuk bilang apa adanya saja
- throw down a challange. tantangan harus dilaksanankan
Be A Leader
- begin with praise and honest appreciation. sebisa mungkin bisa dilakukan
- call attention to people's mistakes indirectly.klo yang ini saya malah sering menunjukan kesalahan mereka secara langsung
- talk about your own mistakes before criticizing the other person.kalo yang ini saya sering lakuin biar orang lain mau membuka dirinya, tp kadang kadang harus buka aib sendiri sih.
- as question instead od giving direct orders. nah susah klo yang ini, masih belom bisa dilakukan
- let the other person save face. sering banget malah
- praise the slightest improvement and praise every improvement. be "hearty in your approbation and lavish in your praise". tepuk tangan horeee
- give the other person a fine reputation to live up to. selalu kok klo memberikan mereka reputasi
- use encouragement. make the fault seem easy to correct. nah ini tidak sesimple mengatakannya
- make the other person happy about doing the thing you suggests. aku kenal beberapa orang yang punya kemampuan seperti ini, mas santo, mba yani, aris dan sumiati