Senin, 23 Mei 2011

IMRT (Intensity Modulated Radioteraphy)

IMRT
Intensitas-termodulasi terapi radiasi (IMRT) merupakan mode lanjutan radioterapi presisi tinggi yang memanfaatkan akselerator linier yang dikendalikan oleh komputer untuk memberikan dosis radiasi yang tepat untuk tumor ganas atau daerah tertentu di dalam tumor. IMRT memungkinkan untuk memberikan dosis radiasi yang lebih tepat untuk disesuaikan dengan bentuk tiga-dimensi (3-D) dari tumor oleh modulasi-atau mengontrol-intensitas berkas radiasi dalam volume kecil banyak. IMRT juga memungkinkan dosis radiasi yang lebih tinggi untuk difokuskan ke daerah-daerah dalam tumor sambil meminimalkan dosis untuk mendukung penyusunan kritis normal. Pengobatan harus direncanakan dengan seksama dengan menggunakan 3-D computed tomography (CT) gambar pasien dalam hubungannya dengan perhitungan dosis terkomputerisasi untuk menentukan pola intensitas dosis yang terbaik akan sesuai dengan bentuk tumor.

IMRT_1.jpg
gambar 1 Salah satu gambar yang menunjukan image prostat dari IMRT

Biasanya, kombinasi bidang modulasi intensitas-beberapa datang dari arah balok yang berbeda menghasilkan dosis radiasi kustom disesuaikan yang memaksimalkan dosis tumor sementara juga meminimalkan dosis untuk jaringan normal yang berdekatan.

Karena rasio dosis jaringan normal untuk dosis tumor dikurangi menjadi minimal dengan pendekatan IMRT, lebih tinggi dan dosis radiasi lebih efektif aman dapat dikirim ke tumor dengan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan teknik radioterapi konvensional. IMRT juga memiliki potensi untuk mengurangi toksisitas pengobatan, bahkan ketika dosis tidak meningkat. IMRT tidak memerlukan lagi kali perawatan setiap hari dan memberikan dosis rendah untuk volume yang lebih besar dari jaringan normal daripada radioterapi konvensional.

IMRT_2.jpg
gambar 2 Ilustrasi menggunaka IMRT dalam pengobatan

Saat ini, IMRT sedang digunakan paling luas untuk mengobati kanker prostat, kepala dan leher dan sistem saraf pusat. IMRT juga telah digunakan dalam situasi terbatas untuk merawat payudara, tiroid, paru-paru, dan juga di pencernaan, kandungan, kanker dan beberapa jenis sarkoma. IMRT mungkin juga bermanfaat untuk mengobati kanker pediatrik.

IMRT_3.bmp
gambar 3 Contoh  image bagian Prostast pada processing IMRT

Terapi radiasi, termasuk IMRT, berhenti sel-sel kanker dari membagi dan berkembang, sehingga memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor. Dalam banyak kasus, terapi radiasi mampu membunuh semua sel kanker, sehingga menyusut atau menghilangkan tumor.

Efek samping dari IMRT adalah sama dengan terapi radiasi konvensional tetapi cenderung terjadi lebih sering dan dengan intensitas kurang dalam jangka pendek dan jangka panjang. IMRT dan terapi radiasi konformal yang deliverable mana saja di dalam tubuh, selama bagian yang terkena dengan benar bergerak. Seperti dengan terapi radiasi konvensional, tidak ada batasan untuk ukuran tumor yang dapat diobati. Pasien yang sebelumnya telah menerima jumlah maksimum radiasi yang didistribusikan oleh terapi radiasi konvensional dapat diobati dengan IMRT dan terapi radiasi lainnya konformal.

Daerah yang paling sering ditangani dengan IMRT adalah: prostat, tulang belakang, paru-paru, payudara, ginjal, pankreas, hati, pangkal tenggorokan, lidah dan sinus. Otak diobati dengan IMRT ketika satu-sesi radiosurgery tidak sesuai atau tidak tersedia.

Seperti dengan terapi radiasi konvensional, pengobatan dengan IMRT atau radiasi konformal lain selalu melibatkan ahli onkologi radiasi dan ahli fisika. Jika lokasi pengolahannya berada dalam otak, seorang ahli bedah saraf diperlukan untuk menjadi bagian dari tim dan pasien harus bersikeras atasnya.

Seperti telah disebutkan, sebelum munculnya terapi radiasi konformal dosis radiasi maksimum dibatasi oleh dampak akan ada pada jaringan di sekitarnya. Misalnya, ketika terapi radiasi konvensional digunakan untuk mengobati kanker paru-paru atau payudara, beberapa radiasi mungkin terjadi pada arteri jantung. Dalam beberapa kasus, ini dapat menyebabkan arteri ini menebal dari waktu ke waktu, membatasi aliran darah. Hal ini mungkin atau mungkin tidak masalah, tergantung pada aliran darah di dalam arteri jantung lainnya dan kesehatan keseluruhan pasien. Untuk beberapa pasien, ini mungkin memerlukan operasi bypass di masa depan. Dengan terapi radiasi konformal dan IMRT untuk tumor paru-paru atau payudara, radiasi tumpang tindih ke arteri jantung terbukti minimal atau tidak ada, mungkin menghilangkan kebutuhan untuk perawatan invasif lebih lanjut dan / atau masalah jantung.

Proses mengobati pasien dengan Intensitas Modulated Radiation Therapy (IMRT) adalah salah satu yang sangat rumit yang membutuhkan jauh lebih banyak waktu dan intensitas dari para ahli dan peralatan dari pengobatan konvensional. Pertama, pasien bergerak dalam posisi yang nyaman. Kadang-kadang, ini dapat melibatkan pembuatan perangkat kustom menggunakan masker plastik. Pasien kemudian dipindai dalam posisi perawatan pada pemindai CT dengan tinggi kecepatan. Gambar kemudian didownload ke komputer perencanaan pengobatan sangat canggih dan cepat. Dokter yang menghadiri lalu duduk di layar komputer dan menarik, menguraikan tumor, ekstensi yang mungkin mikroskopis, kelenjar getah bening di daerah manapun yang mungkin terlibat, dan semua struktur normal di daerah yang dosis harus dipantau. Di daerah kepala dan leher, ini dapat melibatkan 12-14 menguraikan struktur yang terpisah pada setiap slice CT, yang berjarak pada 3 sampai 5 mm (1/12th untuk 1/5th dari satu inci) interval. Bila perlu, studi pencitraan lain, seperti scan MRI atau Positron Emission Tomography (PET) scan dapat "menyatu" dengan gambar CT perencanaan agar lebih akurat mendefinisikan tumor, ekstensi, dan jaringan normal.

fisikawan medis kemudian mulai kerja mereka untuk menghasilkan sebuah rencana untuk benar-benar merawat pasien. fisika bekerja dengan onkologi radiasi sebanyak anestesi bekerja dengan dokter bedah - hanya karena tidak mungkin untuk melakukan operasi besar tanpa anestesi top-notch, tidak mungkin untuk melakukan terapi radiasi besar tanpa seorang ahli fisika top-notch, dan fisikawan di RMG adalah sebagai baik karena mereka datang. fisika yang mengarahkan komputer untuk memulai proses perencanaan, dan kemudian memantau kemajuan. Banyak penyesuaian seringkali diperlukan untuk menghasilkan sebuah rencana yang akan menjadi yang terbaik untuk mengobati pasien. Para dokter dan fisikawan kemudian bertemu dan meninjau rencana bersama-sama, meninjau dengan hati-hati dosis untuk tumor dan setiap irisan organ sekitarnya CT oleh slice CT, untuk memastikan bahwa rencana tersebut adalah yang terbaik mutlak bagi masing-masing pasien.

Sebelum pasien sebenarnya diberikan dosis pertama mereka tentang radiasi, dua langkah penting yang harus diselesaikan. Pertama, manekin yang memiliki densitas yang sama seperti tubuh manusia ditempatkan di atas meja pengobatan dan diperlakukan dengan cara yang sama persis seperti pasien akan. Dengan menggunakan analisis dosimetrik kompleks menggunakan kedua film dan dioda, dosis untuk setiap daerah dihitung tepat sebagai cek kedua. Kemudian, pasien dibawa dan film yang diambil dibandingkan dengan radiograf digital-direkonstruksi bahwa komputer menghasilkan. Hanya setelah kedua pemeriksaan kedua telah selesai adalah ok diberikan untuk benar-benar merawat pasien. Total waktu untuk seluruh proses ini sering lebih dari 40 jam waktu staf yang berdedikasi per pasien.



Tidak ada komentar: