Senin, 23 Mei 2011

TBI


Total Body Irradiation (TBI) adalah bentuk radioterapi digunakan terutama sebagai bagian dari regimen preparatif untuk sel induk haematopoietic (atau tulang sumsum) transplantasi .Sesuai namanya, TBI melibatkan iradiasi seluruh tubuh, meskipun dalam praktik modern seringkali paru-paru sebagian terlindung untuk menurunkan resiko cedera akibat paru-paru radiasi. TBI dalam pengaturan transplantasi sumsum tulang berfungsi untuk menghancurkan atau menekan sistem kekebalan penerima, mencegah penolakan kekebalandari donor transplantasi sumsum tulang atau sel-sel induk darah . Selain itu, dosis tinggi TBI dapat membasmi sisa kanker sel dalam penerima transplantasi, meningkatkan kemungkinan bahwa transplantasi ini akan berhasil.
Dosis TBI yang digunakan dalam transplantasi sumsum tulang biasanya berkisar dari 10 sampai> 12 Gy . Untuk referensi, dengan dosis 4,5 Gy merupakan fatal pada 50% orang terpapar tanpa perawatan medis agresif. Pada dosis tersebut, keduanya dapat merusak sumsum tulang pasien (memungkinkan sumsum donor untuk menanamkan) dan membunuh sel-sel kanker sisa.

TBI Terapi disampaikan oleh mesin yang disebut akselerator linear Mesin ini menghasilkan energy berkas radiasi yang tinggi, yang diarahkan pada bagian khusus tubuh pasien selama treament. Energi ini tidak terlihat, berasa, tidak berbau, dan diam. Radiasi tidak tinggal di tubuh pasien, sehingga pasien tidak akan teradioaktif setelah mendapatkan treament.

Tidak ada komentar: